VISI

Terwujudnya Fakultas Kedokteran Islam yang bermutu, terpandang, berwibawa dan mampu berkompetisi di forum nasional dan internasional

MISI

Terwujudnya pendidikan kedokteran yang bermutu yang diakreditasi baik secara nasional maupun internasional dan menghasilkan dokter muslim yang bermutu dan mengamalkan profesinya sesuai dengan Islam.

Mengembangkan pendidikan kedokteran lanjutan di bidang biomedik.

Mengembangkan pendidikan kedokteran terpadu yang menekankan pada belajar berdasarkan masalah (problem based learning).

Melaksanakan kajian dan penelitian yang bermutu, sehingga

Menghasilkan pengetahuan dan teknologi baru yang bermanfaat bagi kemanusiaan sesuai dengan Islam.

Melaksanakan berbagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sehingga mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat sesuai dengan Islam.

TUJUAN

Program pendidikan pada Fakultas Kedokteran UNIVERSITAS YARSI merupakan pendidikan akademik profesional yang bertujuan menghasilkan DOKTER MUSLIM melalui proses belajar mengajar dengan menyelesaikan suatu kurikulum, sehingga mempunyai pengetahuan, sikap dan keterampilan untuk dapat :

  1. Menguasai pengetahuan dan keterampilan kedokteran/kesehatan dengan baik dan mengamalkan pengetahuan dan keterampilannya tersebut sesuai dengan ISLAM.
  2. Mendiagnosis dan mengelola penyakit-penyakit yang banyak terdapat dalam masyarakat, mengenal dan melakukan tindakan pertama pada penyakit-penyakit berat dan jarang, termasuk aspek fisik, jiwa, sosial dan spiritual.
  3. Mendiagnosis dan melakukan tindakan pertama pada keadaan darurat yang sering terjadi, baik untuk perorangan maupun untuk masyarakat.
  4. Mengenal masalah kesehatan secara keseluruhan dan memperagakan keterampilan, mengolah dan menyajikan data yang menunjukkan problema kesehatan, untuk selanjutnya memecahkan dan mengelolanya mulai dari lingkup individu, hingga lingkup keluarga, masyarakat dan kependudukan secara menyeluruh.
  5. Memperagakan kemampuan untuk mengelola pusat-pusat kesehatan dalam berbagai tingkat dan lingkungan serta berkerja secara efektif dan efisien dalam kelompok kerja kesehatan, baik dalam pendidikan, penelitian maupun pelayanan sesuai dengan fasilitas yang tersedia.
  6. Mengenal, merumuskan dan menyusun prioritas masalah-masalah kesehatan masyarakat sekarang dan yang akan datang. Memahami dan mampu menerapkan prinsip-prinsip dasar pendidikan kesehatan, dalam upaya membantu dan memimpin perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program-program kesehatan dan taraf peningkatan kesehatan, pencegahan penyakit, pengobatan dan rehabilitasi, sesuai dengan kebutuhan masyarakat.
  7. Memperagakan kesadaran dan kepekaan terhadap nilai-nilai sosial, keagamaan, adat istiadat dan kebudayaan setempat yang dapat mempengaruhi keadaan sehat dan sakit.
  8. Memperagakan keterampilan dan kemampuan sebagai seorang yang menghayati profesinya, mengenal kekurangannya serta mempunyai kemampuan dan minat untuk menambah pengetahuan dan mengembangkan kepribadiannya demi kemajuan profesinya.
  9. Memperagakan penghayatan KODE ETIK KEDOKTERAN INDONESIA dan KODE ETIK KEDOKTERAN ISLAM, diantaranya dengan ciri-ciri mempunyai tanggung jawab dan berfungsi sebagai anggota kelompok kerja yang efektif dan efisien dan merawat penderita tanpa diskriminasi sesuai dengan Islam.
  10. Memanfaatkan sebaik-baiknya sumber dan tenaga lainnya dalam meningkatkan kesehatan masyarakat.
  11. Berfungsi sebagai anggota masyarakat yang kreatif, produktif dan bersikap terbuka, dapat menerima perubahan dan berorientasi ke masa depan serta mendidik dan mengajak masyarakat ke arah sikap yang sama.